Minggu, 17 Mei 2015

7 Cara Mengusir Nyamuk Yang Efektif Dan Aman Bagi Kesehatan

7 Cara Menghindari Bahaya Obat Nyamuk
Cara Mengusir  Nyamuk Yang Efektif Dan Aman Bagi Kesehatan
Menggunakan obat nyamuk adalah solusi cara mengusir nyamuk atau membunuh nyamuk agar kita tidak terganggu oleh gigitannya. Tapi sering kali kita kurang memperhatikan akibat dari penggunaan obat nyamuk tersebut. Pertanyaannya adalah sudah amankah obat nyamuk yang kita gunakan? Nah, di dalam artikel ini kami akan mengulas tentang cara menghindari bahaya obat nyamuk. Baik obat nyamuk bakar, semprot, elektrik maupun oles semuanya mempunyai khasiat yang sama yaitu membunuh dan mengusir nyamuk. Perbedaanya hanyalah pada kemasan dan konsentrasi bahan aktif dari masing – masing obat nyamuk tersebut.
Tahukah anda, jika ada bahaya obat nyamuk yang bisa menjadi ancaman bagi keluarga kita terutama jika ada keluarga yang kurang peka atau mempunyai riwayat penyakit pernafasan. Karena itu kita bisa menghindari seminiminal mungkin penggunaan obat nyamuk dengan menggantinya dengan menjaga kebersihan lingkungan dan pencegahan perkembang biakan nyamuk disekitar rumah anda.

Berikut Ini 7 Cara Mengusir  Nyamuk Yang Efektif Dan Aman Bagi Kesehatan

  • Lakukan gerakan program pemerintah 3 M yaitu menutup, menguras dan menimbun. Lihatlah lingkungan sekitar anda, cek barang – barang di sekitar lingkungan anda, dan lakukan program 3M. 
  1. Menutup, Tutuplah tempat – tempat yang sekiranya bisa menjadi tempat perkembang biakan nyamuk seperti penampungan air. 
  2.  Menguras, Kuraslah tempat – tempat air seperti bak mandi, vas bunga, tampungan air atau tempat untuk minuman burung seara rutin sehingga bisa membatasi dan mengurangi siklus perkembangbiakan jentik jentik nyamuk. 
  3. Menimbun, lihatlah lingkungan sekitar anda apakah masih ada kaleng – kaleng ataupun wadah – wadah kosong yang berisi air. Jika memang tidak terpakai timbun saja agar nyamuk kebingungan mencari tempat untuk bertelur dan berkembang biak.
  • Cek tanaman di pekarangan rumah anda, rajin rajinlah memangkas dan merapikan tanaman rumah anda agar tidak menjadi sarang nyamuk.
  • Peliharalah ikan yang mampu memakan jentik nyamuk di kolam, penampungan air, vas bunga dan lain – lain. Dan taburkan bubuk abate di tempat penampungan air untuk membunuh jentik – jentik nyamuk.
  • Gunakan tanaman herbal sebagai cara mengusir nyamuk yang aman sekaligus menghindari bahaya obat nyamuk, tanaman herbal yang bisa kita gunakan antara lain geranium, lavender, daun sirih, akar wangi, serai wangi dll. Beberapa tanaman herbal tersebut tanamlah di pekarangan anda untuk mengusir nyamuk diluar rumah, dan olahah untuk mengusir nyamuk di dalam ruangan.
         ( baca : Daun Sirih, Tanaman Pengusir Nyamuk )
  • Lakukan pengasapan atau fogging di sekitar rumah anda. Hal ini sangat penting dilakukan untuk membunuh nyamuk terutama jika di lingkungan anda sudah ada yang terjangkit penyakit demam berdarah
  • Saat tidur gunakan baju lengan panjang dan celana panjan. Pakaian ini berfungsi melindungi kulit kita dari gigitan nyamuk.
  • Nyalakan kipas angin di dalam rumah.   Tahukan anda bahwasanya nyamuk tidak bisa terbang dengan sangat baik ketika ada angin kencang datang, nah makanya salah satu cara menghindari bahaya obat nyamuk dengan menyalakan kipas angin agar nyamuk tidak tahan didalam rumah kita.   
Itulah beberapa cara alternatif untuk mengusir nyamuk sekaligus menghindari  bahaya obat nyamuk di rumah anda. Jika anda memiliki alternatif atau cara lain untuk mengusir nyamuk, maka kami sangat berterima kasih jika anda mau membagikan tips anda pada form komentar di bawah artikel ini

7 Cara Mengusir Nyamuk Yang Efektif Dan Aman Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: test aff biz