Minggu, 17 Mei 2015

2 Cara Jadikan Daun Sirih Sebagai Tanaman Pengusir Nyamuk

Daun Sirih, Tanaman Pengusir Nyamuk
Daun Sirih Sebagai Tanaman Pengusir Nyamuk

Musim hujan yang sedang melanda di beberapa kota besar membuat efek dari setelahnya banyak merugikan orang lain yang sebenarnya merupakan kelalaian dari masyarakat kita sendiri. Banjir dan sampah-sampah yang tergenang dan menggunung adalah salah satu akibatnya. Pasca banjir mulai surut, maka hal yang kemudian terjadi adalah banyaknya air-air yang tergenang di sana-sini yang tanpa kita sadari hal ini membawa dampak negatif lainnya. Genangan air yang berada di dalam kaleng-kaleng bekas selama 7-8 hari akan membuat bibit-bibit nyamuk berkembang dan tumbuh dengan pesat. Tidak ketinggalan, berbagai cara mengusir nyamuk pun diterapkan oleh masyarakat kita.

Nyamuk adalah salah satu binatang yang suka menggigit dan menghisap darah. Walaupun banyak jenis-jenis nyamuk yang diketahui, tetapi disini kita akan membahas tentang tanaman pengusir nyamuk secara umum. Yang mana ketika kita masih belajar di bangku SMP dulu kita telah belajar bahwa nyamuk yang menghisap darah adalah nyamuk betina, sedangkan nyamuk jantan tidak. Mengapa demikian? Karena nyamuk betina memerlukan darah manusia untuk membantunya bertelur.



Memakai beberapa obat anti nyamuk seperti obat nyamuk lotion yang dijual di pasaran terkadang membuat kulit kita terasa panas, sedangkan jika menggunakan obat nyamuk bakar maka kita tidak nyaman dengan asapnya. Pembuatannya yang memakai bahan-bahan kimia sudah dapat dipastikan tidak aman bila digunakan setiap harinya. Ada beberapa tanaman alami yang bisa digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk yang sudah menjadi rujukan masyarakat pada umumnya, salah satunya adalah daun sirih.


Daftar Kandungan Daun Sirih sebagai Tanaman Pengusir Nyamuk

Sudah banyak yang mengetahui fungsi dan manfaat dari daun yang satu ini antara lain, mengatasi keputihan, bau badan, mengobati bau mulut dan mengobati sakit gigi. Daun sirih juga dibuat cemilan yang dimakan langsung oleh beberapa orang, dengan cara mencampurkannya dengan pinang dan kapur. Tetapi yakinkah anda bahwa tanaman ini mampu digunakan sebagai pengusir nyamuk? Mari kita tinjau lebih dekat kandungan apa yang terdapat dalam daun sirih yang membuat nyamuk bermusuhan dengan daun sirih.

a. Atsiri
Atsiri atau sering dikenal dengan Minyak Atsiri adalah salah satu zat atau kandungan yang ada di dalam daun sirih. Baunya yang kurang sedap bila dicium oleh hama atau serangga lain menjadikan zat ini sebagai pelindung dari serangan musuh.



b. Senyawa Fitokimia
Senyawa Fitokimia yang terkandung pada daun sirih berfungsi untuk merangsang sistem kekebalan tubuh pada manusia dan menangkal racun yang masuk. Pada umumnya zat ini merupakan zat yang dapat memberikan aroma, rasa serta warna pada tumbuhan itu sendiri.

Dengan adanya kombinasi kedua zat tersebut menjadikan daun sirih sebagai tanaman pengusir nyamuk yang tergolong sebagai cara mengusir nyamuk yang populer di kalangan masyarakat.
  • Cara membuat penangkal nyamuk ini juga bisa dikatakan mudah, caranya cukup dengan : mengambil 10-15 daun sirih
  • kemudian ditumbuk halus lalu campurkan dengan 200 ml air hangat, jika sudah tercampur merata lalu oleskan ke bagian tubuh yang anda inginkan. Maka dijamin nyamuk akan pergi jauh dari sekitar anda.
Anda bisa saja menggunakan obat nyamuk buatan pabrik, namun alangkah lebih baik anda mengetahui bagaimana pengaruhnya bagi kesehatan

2 Cara Jadikan Daun Sirih Sebagai Tanaman Pengusir Nyamuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: test aff biz