Minggu, 17 Mei 2015

Bahaya Obat Nyamuk Bagi Bayi

Bahaya Obat Nyamuk Bagi Bayi
Bahaya Obat Nyamuk Bagi Bayi
para orangtua jengkel oleh sengatannya, apalagi bila yang digigitnya adalah bayi yang belum bisa bergerak dan masih mungil dengan kulitnya yang halus lembut. Bentolan kecil berwarna merah yang timbul di kulit bayi yang halus dan mulus terkadang membuat gatal dan menyebabkan bayi tidak nyaman dan akhirnya menangis. Lalu solusi apa yang aman untuk melindungi bayi dari nyamuk? Dan apakah bahaya obat nyamuk memang benar ada atau hanya mitos? Yuk kita simak.


Di lingkungan sekitar kita masih banyak masyarakat yang menggunakan obat nyamuk sebagai cara mengusir nyamuk di rumahnya. Berbagai penyakit yang dapat ditularkan oleh binatang satu ini menjadi salah satu alasan bagi kita untuk tetap rutin memakai obat nyamuk agar tetap terlindung dari gigitannya. Tetapi tahukah anda tentang bahaya obat nyamuk bagi bayi anda? Menurut penelitian, belum ada salah satupun obat nyamuk yang benar-benar aman dipakai. Mulai dari obat nyamuk bakar, semprot maupun yang elektrik karena kandungan zat yang ada pada obat nyamuk.



Bahaya Obat Nyamuk Bagi Bayi Sesuai Jenisnya

Untuk menambah informasi dan pengetahuan anda, mari kita tinjau beberapa zat yang terkandung di dalam macam-macam obat nyamuk yang sering kita gunakan.



a. Obat nyamuk bakar

Obat nyamuk yang satu ini sudah banyak ditinggalkan masyarakat kita, walaupun masih ada beberapa yang masih memakainya. Adanya zat diklorvos yang dapat menyebabkan terganggunya pernafasan, jantung, sistem syaraf hingga memicu timbulnya kanker membuat zat ini menjadi zat racun yang amat sangat beracun didunia. Selain diklorvos ada juga propoxur yang bisa membuat terganggunya sistem syaraf. Bayangkan saja yang terjadi pada bayi anda jika anda rutin menyalakan obat nyamuk bakar di dekatnya, tentulah sangat berbahaya, bukan?

b. Obat nyamuk semprot
Obat nyamuk model semprot banyak digunakan di dalam ruangan. Dengan jaminan yang “katanya” tidak berbahaya dan diproduksi dengan berbagai variant aroma yang wangi agar membuat para penggunanya merasa lebih nyaman. Biasanya setelah 1 jam disemprotkan di dalam ruangan dan wanginya sudah mulai menghilang baru kita disarankan untuk memasuki ruangan tersebut.


Nah, ternyata pada kenyataannya zat diklorvos dan propoxur juga merupakan zat yang terdapat di dalam obat nyamuk jenis ini, tetapi ada beberapa produk yang mengatakan bahwa mereka tidak memakai zat ini dan tentu saja keampuhannya dalam membunuh nyamuk malam yang sering mengganggu kita tidaklah begitu ampuh.



c. Obat nyamuk elektrik

Kebanyakan orang menganggap obat nyamuk ini adalah yang paling aman digunakan apalagi jika diletakkan di kamar bayi. Padahal jika anda mengetahuinya, obat nyamuk ini hampir sama dengan obat nyamuk bakar. Bahkan terdapat zat lain yang terkandung di dalamnya, yaitu alletrin dan transflutrin yang bisa membuat kita sulit bernafas. Inilah bahaya obat nyamuk yang berjenis obat nyamuk elektrik.


d. Obat nyamuk oles

Jenis obat nyamuk ini tidak disarankan untuk dipakai untuk anda apalagi bayi anda, mengapa? Karena mediator dari obat nyamuk ini adalah kulit kita langsung. Campuran diethyltoluamide yang ada perlahan-lahan akan dapat mengikis lapisan kulit kita yang dapat menyebabkan iritasi ringan maupun berat.


Jika kami boleh menyarankan untuk anda dalam pencegahan bahaya obat nyamuk bagi bayi,maka sebaiknya anda menerapkan cara mengusir nyamuk menggunakan tanaman herbal anti nyamuk yang bisa dijadikan penangkal nyamuk untuk bayi anda. Kelambu atau menggunakan raket anti nyamuk juga bisa dijadikan alternatif yang aman buat bayi anda.

untuk selengkapnya anda bisa baca : 7 Cara Mengusir Nyamuk Yang Efektif Dan Aman Bagi Kesehatan

Bahaya Obat Nyamuk Bagi Bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Salman Hidayat