Selasa, 19 Mei 2015

Inilah Fakta Bahaya Obat Nyamuk Elektrik

Inilah Fakta Bahaya Obat Nyamuk Elektrik
Bahaya Obat Nyamuk Elektrik
Mengenal lebih dekat bahaya obat nyamuk elektrik – Perkembangan tekhnologi telah merambah ke berbagai aspek kehidupan. Berbagai inovasi dilakukan untuk menciptakan suatu alat yang lebih praktis dan tepat guna. Termasuk dalam hal memberantas nyamuk - nyamuk nakal di rumah. Kalau zaman dulu kebanyakan masyarakat memakai obat nyamuk bakar dan obat nyamuk semprot, lalu kemudian ada obat nyamuk oles yang berbentuk lotion. Sekarang masyarakat pun mulai banyak yang memakai obat nyamuk elektrik sebagai alternatif cara mengusir nyamuk. Lalu apakah obat nyamuk jenis ini lebih ampuh? Lalu bagaimana dengan bahaya obat nyamuk jenis ini?
Jika dilihat dari cara kerjanya, obat nyamuk elektrik bisa dikatakan masih kalah ampuh dibandingkan dengan obat nyamuk bakar atau semprot. Karena dalam obat nyamuk elektrik memiliki konsentrasi dosis zat aktif racun yang lebih sedikit. Dengan demikian bau yang ditimbulkan juga berkurang.

Bahaya Obat Nyamuk Elektrik Bagi Kesehatan
Lalu bagaimana dengan bahaya obat nyamuk elektrik? Walaupun memiliki dosis racun yang lebih sedikit bukan berarti obat nyamuk jenis ini tidak memiliki bahaya bagi kesehatan manusia. Sekalipun berbeda –beda jenisnya semua obat nyamuk pada dasarnya sangat berbahaya karena memiliki kandungan bahan aktif yang mana bahan ini masuk dalam golongan organofosfat.
Bahan aktif yang terkandung dalam segala jenis obat nyamuk, termasuk obat nyamuk elektrik yang sangat berbahaya bagi kesehatan diantaranya adalah dichlorovynil dimethyl phosfat (DDVP), propoxur (karbamat), dan diethyltoluamide. Bahan-bahan tersebut dikategorikan berbahaya bagi kesehatan karena merupakan jenis bahan insektisida pembunuh serangga.

Yang menjadi permasalahan adalah sebagian besar masyarakat masih belum begitu peduli dengan bahaya tersebut. Kebanyakan masyarakat menggunakan cara mengusir nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk baik dalam jenis bakar, semprot maupun elektrik tanpa memperhitungkan bahayanya. Apalagi ditambah dengan iklan obat nyamuk yang beredar di media elektronik terlihat menyesatkan. Padahal penggunakan obat nyamuk itu harus dengan cara yang cerdas agar aman bagi penggunanya. Seperti salah satunya adalah membiarkan ruangan kosong saat pemberian obat nyamuk baik bakar, semprot ataupun elektrik.

Walaupun obat nyamuk elektrik tidak mengeluarkan asap tapi efeknya juga tidak kalah berbahaya dengan obat nyamuk bakat atau semprot. Obat nyamuk elektrik bekerja mengeluarkan uap, dan dalam uap tersebut tentu juga mengandung racun untuk mengusir dan membunuh nyamuk. Sekalipun banyak obat nyamuk elektrik yang punya aroma khas yang tidak menyengat, namun hal tersebut tidak menjamin tak adanya racun yang tersebar. Karena pada dasarnya semua jenis obat nyamuk itu menggunakan racun sebagai bahan pembunuh nyamuk.

Gejala yang timbul saat seeorang menghirup racun yang ditimbulkan oleh obat nyamuk adalah batuk-batuk. Bahan aktif yang berupa racun tersebut masuk kedalam tubuh lewat pernafasan. Setelah itu kemudian masuk dan menyebar ke seluruh tubuh.
Tak hanya bagian dalam, bagian luar seperti kulit pun bisa mengalami iritasi jika terkena bahan aktik dari cairan obat nyamuk. Kulit akan menjadi kemerah-merahan dan ketika digaruk bisa menimbulkan luka dan lecet dikulit.

Nah, demikianlah pemaparan kami mengenai bahaya obat nyamuk elektrik yang mungkin dapat menambah wawasan anda demi menjaga kesehatan keluarga. Adapan alternatif lain tentang cara mengusir nyamuk yang aman bagi kesehatan, anda bisa temukan di artikel kami yang lain di website ini ( Baca : Bahaya Obat Nyamuk Bagi Bayi )

Inilah Fakta Bahaya Obat Nyamuk Elektrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: test aff biz